Pengertian dari Freight Forwarding dan Faktanya

Pengertian dari Freight Forwarding dan Faktanya

Freight forwarding merupakan salah satu metode transportasi internasional yang paling banyak digunakan untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Perusahaan-perusahaan pengangkutan barang, salah satunya seperti Top Kargo Utama, mengatur pengiriman barang dari satu tujuan ke tujuan lain menggunakan sejumlah pengangkut, termasuk angkutan udara, angkutan laut, dan dalam beberapa kondisi juga dapat menggunakan angkutan darat.

Berikut ini hal yang perlu kamu ketahui tentang pengiriman barang dalam Freight Forwarding.

1. Apa itu freight forwarding?

Perusahaan pengiriman barang atau freight forwarder bertanggung jawab atas pengangkutan barang antara satu tujuan dan ke tujuan lainnya. Freight Forwarder mengkhususkan diri dalam mengatur seluruh proses untuk pengirim mereka, dari penyimpanan hingga pengiriman barang dagangan mereka. Freight Forwarder bertindak sebagai perantara antara pengirim dan jasa transportasi, berhubungan dengan berbagai operator untuk bernegosiasi harga dan memutuskan rute yang paling ekonomis, dapat diandalkan dan tercepat.

2. Impor dan Ekspor Lebih Mudah

Menggunakan jasa pengiriman barang atauFreight Forwarder untuk mengimpor dan mengekspor barang akan lebih mudah dan tidak repot. Perusahaan Freight Forwarder dapat membantu di semua proses, dari tahap pengemasan / packing dan gudang hingga prosedur pada bea cukai.

3. Freight forwarder menyediakan berbagai layanan

Freight Forwarder dapat membantu proses kamu hal-hal berikut:

  • Izin Pabean
  • Dokumentasi ekspor dan impor internasional
  • Pertanggungan
  • Pengepakan (Packing)
  • Penyimpanan (Warehousing)
  • Manajemen persediaan

4. Menguntungkan bisnis kamu

Menggunakan Freight Forwarder untuk pengangkutan barang ke konsumen sangat bermanfaat bagi bisnis kamu dalam banyak aspek. Dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka, Freight Forwarder akan memastikan bahwa barang-barang kamu akan tiba di tujuan yang tepat waktu dan menghemat uang kamu dalam proses tersebut, dibandingkan jika kamu melakukannya sendiri.

5. Sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan Freight Forwarder

Freight Forwarder bertanggung jawab atas barang berharga kamu, jadi penting bagi kamu untuk menjalin hubungan kerja yang baik. Kamu ingin memastikan bahwa kamu memilih perusahaan yang dapat dipercayai dan diandalkan.

6. Freight Forwarder tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman

Freight Forwarder tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman. Keterlambatan sering terjadi karena cuaca buruk, gangguan, keterlambatan port atau perubahan rute yang tidak terduga. Meskipun keterlambatan pengiriman bisa membuat frustasi, penting untuk diingat bahwa itu di luar kendali perusahaan pengiriman kamu dan bahwa mereka berusaha menyelesaikannya secepat mungkin. Jadi kamu harus bersabar dan mengerti dengan situasi seperti ini apabila benar-benar terjadi.

7. Kamu perlu memastikan dokumen Anda sudah lengkap dan mutakhir

Sebelum meninggalkan barang-barang kamu di tangan perusahaan pengiriman, kamu perlu memastikan bahwa semua dokumen untuk mengangkut barang kamu sudah lengkap. Perusahaan pengiriman kamu akan dapat membantu kamu dalam hal ini, tetapi ini merupakan langkah yang sangat penting untuk mengurangi risiko barang-barang kamu dalam masalah.

8. Terdapat Batasan untuk Produk tertentu

Freight Forwarder mematuhi peraturan yang ketat dan tidak akan membawa barang dan bahan tertentu, terutama melalui angkutan udara atau laut. Meskipun daftar barang yang dilarang bervariasi dari satu negara ke negara, Freight Forwarder umumnya membatasi untuk barang berikut:

  • Barang mudah terbakar dan beracun
  • Obat-obatan
  • Alkohol
  • Baterai
  • Barang yang mudah rusak (kecuali barang yang dikirim khusus)
  • Benda tajam

9. Kekuatan jaringan freight forwarder sangat penting

Perusahaan freight forwarder yang stabil akan memiliki jaringan kontak dan pengalaman yang sangat kuat dalam menjalankan bisnis ini. Ini tidak hanya akan membantu kamu untuk mendapatkan harga terbaik untuk pengiriman barang kamu, tetapi juga memastikan bahwa barang kamu tiba tepat waktu. Perusahaan pengangkutan yang berpengalaman akan menghadapi banyak masalah di sepanjang jalan, sehingga mereka akan dapat dengan cepat dan efisien menangani masalah apa pun yang mungkin timbul saat barang kamu diangkut.

10. Tanyakan perusahaan jasa pengiriman Anda tentang layanan tambahan

Banyak perusahaan freight forwarder menawarkan layanan tambahan untuk kiriman kamu, jadi selalu layak meminta mereka ketika menerima penawaran. Layanan tambahan ini termasuk penyimpanan gudang, asuransi kargo, pelacakan kargo dan penanganan barang berbahaya. Bahkan jika kamu tidak memerlukannya, selalu ada baiknya mengingat layanan tambahan ini untuk referensi di masa mendatang.

11. Ada enam tahap kunci dari pengiriman barang

Proses pengiriman barang dapat dibagi menjadi enam tahap utama, diantaranya:

Pengangkutan ekspor transfer barang dari sumber aslinya ke gudang freight forwarder.
Ekspor bea cukai barang menerima izin untuk meninggalkan negara asalnya.
Penanganan asal pembongkaran, inspeksi dan validasi kargo terhadap dokumen pemesanannya.
Impor bea cukai dokumen bea cukai untuk kargo Anda akan diperiksa oleh pihak berwenang.
Penanganan tujuan penanganan kargo setelah mencapai kantor tujuan, termasuk transfer ke gudang impor.
Import haulage (pengangkutan) pemindahan kargo dari gudang impor ke tujuan akhirnya.

12. Freight Forwarder harus menyediakan berbagai dokumen

Dengan pengiriman barang datang banyak dokumen, terutama ketika pengiriman dari dan ke luar negeri. Perusahaan pengiriman barang kamu harus memberimu semua dokumen yang relevan, termasuk:

    • Surat Tagihan
    • Kontrak Bill of Lading
    • Certificate of origin statement
    • Inspection certificate
    • Lisensi ekspor
    • Ekspor packing list
    • Dokumen deklarasi ekspor pengirim

Sangat penting bahwa semua dokumen ini disediakan untuk memastikan bahwa barang kamu sampai tujuan tanpa ada masalah yang timbul.

13. Spesialisasi dalam jenis kargo tertentu

Beberapa perusahaan ekspedisi fokus pada jenis kargo tertentu, sedangkan beberapa perusahaan lain menerima berbagai barang. Menemukan freight forwarder yang berspesialisasi terhadap apa yang ingin kamu kirim sangat bermanfaat. Mereka tidak hanya akan memiliki tim spesialis, tetapi mereka juga akan memiliki pengalaman luas dalam menangani kargo yang serupa dengan milik kamu.

Melakukan riset sebelum memilih perusahaan logistik akan memastikan bahwa barang-barang kamu sampai di tujuan akhir dengan tepat waktu dan hemat biaya.

  • On 01 March 2021