Cara Belanja di Marketplace China Alibaba

Cara Belanja di Marketplace China Alibaba

Sudah bukan rahasia umum bila orang Indonesia sangat gemar berbelanja online. Bahkan ada yang sampai belanja online di website luar negeri, seperti Alibaba contohnya. Lalu, bagaimana cara belanja di Alibaba? dan kenapa harus Alibaba? Mari disimak.

Ada 2 alasan umum kenapa kita harus belanja di Alibaba. Pertama, harganya murah, dan kedua, jenis barang lebih unik atau beragam dan hampir semua barang ada di Alibaba.

Nah, barang yang dibeli dari China bisa dipakai sendiri (namun sangat tidak disarankan apabila kamu membeli barang dalam jumlah satuan) atau dijual kembali. Saya sangat menyarankan kamu untuk membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak, walaupun tujuan kamu hanya untuk keperluan pribadi, namun apa salahnya jika kamu membeli lebih untuk dijual kembali dengan harga berkali-kali lipat. Profit!

Cara belanja online di marketplace china Alibaba

Belum puas juga? Di Alibaba, kita bahkan bisa melakukan penawaran untuk barang yang mau kita beli. Ya tentunya kamu harus bisa berbahasa Inggris untuk bisa berkomunikasi.

Setelah barang yang kamu cari sudah ketemu, maka selanjutnya kamu perlu bernegosiasi dengan supplier. Bicaralah mengenai detail transaksi, jumlah minimal pembelian barang, harga (pastinya), kualitas, pengiriman barang, asuransi, dan lain-lain.

Jika kamu masih baru memulai belanja di Alibaba, alangkah baiknya bila kamu bertransaksi dengan supplier yang mempunyai reputasi baik terlebih dahulu. Biasanya supplier dengan reputasi baik punya customer service yang baik pula.

Cara Pembayaran di Alibaba

Umumnya, marketplace luar negeri akan menyediakan metode pembayaran dengan kartu kredit. Namun di Alibaba kita juga bisa membayar dengan menggunakan Western Union, PayPal, Alibaba Secure Payment dan lain sebagainya. Ada yang bilang, bahwa akan lebih baik kalau kita menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran, karena PayPal memiliki program buyer protection yang akan menguntungkan kita jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat transaksi. Tapi jika kamu tidak mempunyai PayPal maupun kartu kredit, menggunakan jasa belanja onlinebisa menjadi alternatif yang baik.

Setelah masing-masing pihak sudah deal, maka kamu akan dikirimkan invoice ke alamat email kamu (jika tidak dikirim, kamu bisa minta ke supplier untuk mengirimkan invoice). Kemudian langkah selanjutnya ialah proses pembayaran. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan pembayaran dengan payment gateway ini, mungkin akan sedikit kesulitan karena ada yang namanya New Account Verification. Alternatif-nya, kamu bisa minta bantuan jasa belanja online seperti yang tadi disebutkan sebelumnya, karena prosesnya yang lebih simpel dan cepat.

Informasi penting mengenai beli barang dari luar negeri:

  • Tidak semua barang bisa kamu beli atau import. Kamu bisa mempelajari ini di website bea cukai, atau jika kamu menggunakan jasa beli alibaba, kamu bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa.
  • Semua barang yang masuk dari luar negeri akan melalui pengecekan bea cukai.
  • Harga yang kamu bayar kepada supplier belum termasuk pajak bea cukai dan biaya lainnya (sesuai ketentuan undang-undang). Ada tarif lain berupa PPN, PPH, Bea Masuk, atau Pajak Barang Mewah (hanya untuk barang tertentu). Namun sekali lagi, jika kamu menggunakan jasa belanja online, hal seperti ini tidak perlu dipikirkan lagi, karena pihak penyedia jasa belanja online yang akan mengatur dan menghitung semuanya.
  • Barang yang dikirim dari luar negeri membutuhkan waktu yang cukup lama hingga sampai ke tujuan. Pilihlah penyedia jasa kirim yang sesuai, karena semakin cepat barang sampai maka semakin mahal pula ongkos kirim yang harus dibayar. Kamu bisa bicarakan hal ini kepada supplier kamu untuk menggunakan jasa pengiriman yang tepat.
  • Sebelum beli, usahakan kamu mendapatkan informasi sedetail mungkin mengenai produk yang mau kamu beli. Seperti spesifikasi, kualitas, garansi, dan lain-lain. Agar tidak terjadi kekecewaan ketika barang telah sampai dan tidak sesuai harapan.

Sekian artikel singkat tentang cara belanja di Alibaba. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi kita semua.

  • On 20 December 2019

Leave Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *